Cara Mudah Mencegah Demam Berdarah yang Bisa Kamu Terapkan

Demam berdarah merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja dari bayi hingga orang dewasa. Penyakit ini sendiri disebabkan oleh gigitan nyamuk yang membawa virus dengue. Ketika tergigit dengan nyamuk tersebut, seseorang dapat mengalami gejala demam tinggi dan flu sehingga seperti terlihat bukan merupakan gejala penyakit yang berbahaya.

Tetapi justru penyakit demam berdarah dapat mempunyai resiko yang mengancam nyawa, sehingga penting untuk mengatasinya dengan tepat agar tidak membuat demam berdarah yang dialami bertambah parah.

Agar tidak tertular dengan penyakit demam berdarah, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan dengan mudah. Pertama adalah dengan manfaatkan vaksin dengue. Demam berdarah berat dapat menimbulkan keadaan seperti dengue shock syndrome yang dapat dicegah menggunakan vaksin dengue.

Sehingga untuk mencegah penyakit demam berdarah yang berbahaya, sebaiknya seseorang yang mempunyai usia 9 hingga 45 tahun bisa menerima vaksin dengue. Vaksin ini dapat diberikan 3 kali dengan jarak setiap 6 bulan.

Sedangkan untuk anak di bawah 9 tahun juga disarankan mendapatkan vaksin ini utamanya untuk anak usia 2-5 tahun. Hal yang perlu diketahui dari vaksin ini adalah dari kandungannya yang mempunyai 4 jenis virus dengue.

Sehingga hal tersebut dapat membuat vaksin ini dapat membentuk kekebalan tubuh dan bisa diberikan pada orang yang sudah menderita demam berdarah sebelumnya. Justru vaksin ini tidak dianjurkan untuk orang yang belum menderita demam berdarah, karena justru akan meningkatkan resiko terkena demam berdarah berat.

Langkah kedua untuk mencegah demam berdarah adalah dengan memberantas sarang nyamuk. kamu bisa melakukan metode 3M yang sudah sangat sering didengar dan dianjurkan. Metode 3M tersebut terdiri dari:

  • Pertama adalah menguras tempat penampungan air minimalnya 1 minggu sekali.
  • Menutup tempat penampungan air yang ada di sekitar sehingga tidak menjadi sarang jentik nyamuk.
  • Ketiga adalah dengan mendaur ulang barang yang bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

Selain itu langkah mudah lainnya mencegah agar bisa terhindar dari demam berdarah yaitu:

  • Dapat untuk mengatur cahaya yang masuk ke dalam rumah agar selalu cukup.
  • Dapat memasang kawat anti nyamuk di bagian ventilasi rumah.
  • Dapat menaburkan bubuk abate di penampung air yang sulit untuk dikuras sehingga mencegah nyamuk berkembang biak.
  • Dapat memanfaatkan kelambu sehingga mencegah gigitan nyamuk.
  • Dapat menanam tumbuhan yang tidak disukai dan bisa mengusir nyamuk.
  • Dapat menghentikan kebiasaan yang mengundang nyamuk seperti menggantung pakaian.

Langkah mudah selanjutnya untuk mencegah penyebaran demam berdarah dan melindungi keluarga adalah dengan menyiapkan Force Magic. Produk dari Enesis ini merupakan obat nyamuk semprot yang menggunakan bahan aktif pralletrhrin dan permthrin yang merupakan insektisidan alami menggunakan bunga chrysanthemum.

Obat nyamuk semprot ini mempunyai manfaat untuk mematikan nyamuk dan serangga, dijamin keamanannya, dan juga mempunyai aroma yang harum dan tidak menyebabkan batuk. Obat nyamuk semprot ini juga dapat menjangkau tempat yang biasanya sulit dijangkau dan menjadi sarang nyamuk. Sehingga akan mempunyai hasil lebih efisien untuk membasmi nyamuk dan terlindungi dari penyakit seperti demam berdarah.

Force Magic mempunyai dua varian produk yang bisa dipilih yaitu Force Magic Lemon dan Force Magic Blue. Dua produk tersebut mempunyai aroma yang bisa dipilih sesuai dengan kesukaan yaitu dari lemon yang segar dan bunga yang wangi. Kedua varian tersebut bisa didapatkan dengan mudah di supermarket terdekat atau bisa juga dibeli secara online di situs jual beli online langganan kamu.