Hal-hal yang Mempengaruhi Daftar Harga Mobil Bekas

Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan membeli sebuah kendaraan, khususnya adalah jenis kendaraan roda empat, karena memang harganya yang tergolong mahal. Anda bisa menyesuaikan dengan budget terlebih dahulu, apakah ingin beli yang baru ataukah bekas, jika memang keuangan tidak mencukupi untuk beli yang baru, maka kendaraan second bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik. Daftar harga mobil bekas faktanya memang jauh lebih murah dibandingkan dengan Anda beli yang baru.

Di pasaran sendiri tak hanya kendaraan baru saja yang dapat dijumpai, melainkan jika dilihat ada juga yang bekas. Bahkan mulai dari kendaraan jadul yang sudah tidak dikeluarkan oleh produsennya ada yang bekas, biasanya jenis-jenis mobil antik ini dijual dengan harga yang sangat mahal, karena memang punya history tersendiri, apalagi jika seandainya barang tersebut juga langka, hanya ada beberapa di dunia, jadi meskipun bekas bisa saja harganya semakin mahal.

Namun untuk kendaraan pasaran atau yang umum, pada dasarnya harga sudah pasti akan lebih murah dibandingkan dengan produk barunya. Daftar harga mobil bekas  juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, berikut ini diantaranya yang patut diketahui, yaitu:

  1. Tahun pembuatan kendaraan tersebut, setiap tahun pada dasarnya produsen akan selalu meluncurkan produk kendaraan baru ke pasaran. Umumnya semakin lama kendaraan tersebut diterbitkan, maka untuk harga jualnya sendiri juga akan mengalami penurunan. Jadi jika seandainya Anda membeli kendaraan yang usianya sudah tua, maka bukan hal yang baru lagi jika harganya menjadi semakin murah. Namun memang hal ini setara dengan kualitasnya tersebut.
  2. Kondisi fisik kendaraan, selanjutnya adalah kondisi fisik dari kendaraan tersebut. Satu hal penting yang harus Anda ketahui bahwa fisik kendaraan juga dapat mencerminkan bagaimana pemilik sebelumnya menggunakan kendaraan tersebut, apakah dipakai dengan baik ataukah tidak. Ketika kondisi fisiknya masih mulus, bahkan sama seperti baru maka harga jualnya juga masih tinggi. Sebaliknya ketika kondisi fisiknya sudah turun, banyak bagian yang baret, penyok dan sejenisnya, maka mempengaruhi harga jualnya yang semakin murah.
  3. Performa kendaraan, tak sekedar kondisi fisik saja, melainkan jika dilihat performa dari kendaraan tersebut juga akan mempengaruhi pasaran harganya. Sehingga tidak heran jika calon pembeli pasti akan melakukan test drive atau mengemudi terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi mesin. Beberapa diantaranya bahkan membawa teknisi khusus untuk mengecek kondisi mesin, apakah sudah ada bagian yang diganti atau belum, usia mesin dan performanya, semakin turun maka akan semakin murah harganya.
  4. History atau riwayat kendaraan, kendaraan yang punya history baik seperti diantaranya tak pernah mengalami kecelakaan atau sejenisnya, secara otomatis harganya juga tetap tinggi. berbeda dengan kendaraan bekas kecelakaan hebat, begitu juga dengan kendaraan bekas terkena banjir, umumnya harga jualnya ke pasaran akan turun cukup besar. Karena hal ini juga mempengaruhi performa dari kendaraan tersebut yang semakin turun.

Itulah diantaranya beberapa faktor yang mempengaruhi daftar harga mobil bekas dan wajib untuk Anda ketahui. Jangan asal beli kendaraan bekas jika seandainya tak ingin menyesal. Anda bisa membeli secara mudah berbasis online dari tempat terpercaya yaitu Moladin, platform yang secara khusus menawarkan kendaraan bekas, bahkan selain bisa membeli sebenarnya Anda juga bisa menjual kendaraan bekas disana, jangan khawatir karena Moladin ini memiliki jaringan age yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.