Tempat PCR Test Murah, Aman dan Legal? Ini Tips Mudah Temukannya!

Belum lama ini masyarakat Indonesia mendapatkan kabar baik mengenai jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 mulai berkurang. Namun belum juga menikmati kebebasan yang sama seperti dahulu sudah muncul lagi varian baru yang lebih membahayakan. Ini tentu menjadi kekhawatiran sendiri, dimana PCR test yang hanya untuk beberapa kepentingan bukan tidak mungkin sekarang semua kegiatan perlu melakukan tes tersebut sebagai syarat utamanya. Sejalan dengan adanya pandemi yang tidak kunjung berhenti, tes pengambilan sampel lendir tersebut terus dicari dan digunakan.

Beberapa waktu yang lalu memang pemerintah sudah menegaskan jika tes PCR itu wajib dilakukan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan. Bukan saja keluar daerah namun juga luar kota, luar pulau bahkan penting untuk keluar negeri. Hal itulah yang menjadi alasan harga tes PCR lebih murah supaya masyarakat tidak merasa terbebani. Meskipun begitu tetap saja banyak klinik kesehatan yang melayani tes sampel tersebut terus ramai dan perlu antri panjang untuk bisa melakukan dan mendapatkan hasilnya. Apakah Anda merasa kesulitan untuk menemukannya?

Seiring berjalannya waktu, banyak klinik kesehatan sampai dengan rumah sakit saat ini sudah menerima pelayanan PCR test untuk masyarakat. Namun hal itu banyak pula dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan besar tanpa melakukan tes sesuai prosedur. Inilah yang perlu untuk Anda waspadai, jangan sampai itu membuat kerugian dan justru menjadi boomerang untuk Anda sendiri yang menggunakan tanpa pemilihan tepat. Supaya bisa menemukan tempat yang sesuai, aman, murah dan tentunya sesuai aturan pemerintah. Berikut ini ada beberapa tips mudah yang bisa coba Anda lakukan yaitu:

1. Memastikan klinik sudah sesuai dengan pemerintah.

Banyak lab atau klinik yang berlomba memberikan tawaran tes PCR murah namun tidak semuanya terafiliasi kemenkes. Memang tidak mudah, karena tawaran harga yang menggiurkan sering kali membuat terpikat tanpa berfikir panjang. cukup dengan melihat data dalam salinan keputusan menteri kesehatan sudah ada tertera klinik atau lab yang aman.

2. Waspada harga yang murahan.

Murah boleh namun jangan memilih yang murahan, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Kecurigaan itulah yang harus Anda lakukan sebelum PCR test tersebut dilakukan. Sebaiknya memang memilih harga yang standar, karena yang tidak masuk akal bisa jadi itu hanya oknum nakal.

3. Pilih lab berizin.

Meskipun tes sampel covid-19 sekarang ini diperlukan, namun dalam kenyataannya tidak semua daerah atau tempat memiliki tempat yang cukup dan terutama berizin. Inilah yang perlu untuk Anda perhatikan, jangan sampai memilih sembarangan apalagi tanpa ijin. Bukan hanya merugikan soal keuangan namun juga membahayakan untuk diri Anda.

4. Perhatikan alat yang digunakan untuk tes swab.

Sudah banyak berita beredar mengenai oknum nakal yang melakukan tes swab hanya ingin meraup keuntungan tanpa memperhatikan hal-hal prosedur. Ini bukan hanya dari tenaga medis namun juga peralatan yang digunakan, pastikan masih baru dan steril.

Dengan memperhatikan beberapa poin diatas bukan tidak mungkin Anda akan lebih mudah menemukan tempat PCR test yang aman, nyaman, berizin dan paling penting harga sesuai. Supaya tetap aman dan nyaman, bisa coba menggunakan layanan dari Aido. Aido merupakan salah satu aplikasi pendukung kesehatan masyarakat supaya lebih mudah dalam mendapatkan berbagai jenis layanan. Bukan hanya untuk tes sampel saat pandemi namun juga beberapa keperluan lainnya. Mudahnya lagi bisa memilih layanan home care yang memberikan rasa aman dan nyaman periksa atau cek lab selama pandemi melalui Aido.