Serba-serbi Premi Asuransi Kesehatan, Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

Asuransi kesehatan saat ini menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki orang-orang, terutama di tengah pandemi COVID-19. Sebab, selain bisa memberikan perlindungan untuk kesehatan tubuh di masa depan, asuransi juga dapat meringankan biaya pengobatan saat kamu atau keluarga tercinta terkena penyakit.

Hal ini jugalah yang membuat banyak perusahaan meluncurkan produk asuransi, dengan premi asuransi kesehatan yang beragam. Bahkan, banyak juga perusahaan asuransi kini sudah menawarkan asuransi kesehatan COVID-19, dengan premi yang juga terjangkau.

Premi asuransi sendiri memang menjadi perhatian khusus yang dilihat masyarakat sebelum mereka memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan. Sebab, semakin tinggi premi asuransi kesehatan yang dibayar, semakin banyak juga benefit yang ditawarkan oleh perusahaan untuk konsumen.

Lalu, sebenarnya apa itu premi asuransi kesehatan?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang premi asuransi kesehatan, mari bahas dulu pentingnya asuransi kesehatan bagi masyarakat, terutama kamu yang masih muda. Apa saja?

Memberi Perlindungan untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Alasan utama pentingnya asuransi kesehatan adalah bisa memberikan perlindungan atau proteksi untuk diri sendiri dan keluarga. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu dan keluarga tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu membutuhkan perawatan, serta pengobatan di rumah sakit, karena akan di-cover oleh asuransi.

Sakit sendiri merupakan kejadian tak terduga yang dapat menimpa siapa saja, termasuk kamu dan keluarga. Oleh karena itu, dengan memiliki proteksi yang didapat dari asuransi, maka kamu akan lebih tentang menjalani hidup, dan tidak perlu bingung jika harus mengeluarkan biaya besar untuk pengobatan.

Menekan Risiko Bangkrut Akibat Besarnya Biaya Pengobatan

Seperti diketahui, biaya pengobatan dan kesehatan saat ini tidaklah murah. Bahkan, biaya tersebut semakin hari semakin mahal, jika menggunakan uang pribadi.

Dengan biaya pengobatan yang terus naik setiap tahunnya, bukan tidak mungkin bisa menimbulkan kesulitan finansial bagi kamu yang tidak punya perencanaan dengan baik. Terlebih jika sakit datang tanpa diduga. Di sinilah pentingnya asuransi kesehatan, untuk meng-cover semua biaya pengobatan dan menghindarkan kamu dari risiko kebangkrutan.

Mempermudah Mendapatkan Fasilitas Kesehatan Terbaik

Bisa dibilang, memiliki asuransi kesehatan sama dengan memiliki akses untuk mendapatkan fasilitas kesehatan terbaik ketika berobat. Nantinya, kamu akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik sesuai dengan premi yang dibayar.

Asuransi kesehatan juga biasanya mengcover semua biaya pengobatan, termasuk rawat inap, kamar ICU, dokter spesialis, pengobatan penyakit kritis, rawat jalan, hingga penggantian obat dan resep. Umumnya, rumah sakit rekanan yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi juga merupakan rumah sakit terbaik dan kompeten.

Melatih Diri untuk Lebih Disiplin Mengatur Keuangan

Alasan selanjutnya adalah asuransi kesehatan bisa melatih diri kamu untuk lebih disiplin dalam mengatur keuangan. Dengan mengumpulkan uang setiap bulannya untuk membayar premi asuransi kesehatan, kamu bisa lebih mengontrol keuangan setiap bulannya.

Kamu harus mengatur anggaran setiap bulannya, agar pos premi asuransi tidak mengganggu pos-pos pengeluaran lainnya. Kamu bisa menganggapnya seperti sedang menabung dan mengumpulkan uang untuk masa depan, meskipun dalam bentuk proteksi.

Investasi Masa Depan

Terakhir, alasan pentingnya asuransi adalah sebagai sarana tambahan atau pendukung dalam berinvestasi. Dengan membeli asuransi kesehatan, kamu tak perlu lagi khawatir dengan proteksi diri yang sudah terjamin.

Nah, itu dia lima alasan pentingnya asuransi kesehatan untuk melindungi dirimu dan keluarga. Jika sudah mengerti tentang pentingnya asuransi, kini saatnya kamu menyiapkan diri untuk membeli asuransi dengan premi yang sesuai kebutuhanmu.

Pengertian Premi Asuransi Kesehatan dan Fungsinya

Premi asuransi merupakan sejumlah yang yang harus dibayarkan oleh nasabah kepada perusahaan asuransi pada waktu tertentu, sesuai dengan yang tertera di polis asuransi. Hal ini merupakan bentuk sebuah imbalan jasa atas pengalihan risiko atau kerugian yang sewaktu-waktu bisa terjadi kepada nasabah.

Biasanya, pembayaran premi dilakukan setiap bulan. Namun, kamu juga bisa membayar premi per tahun, sesuai dengan kehendakmu. Jumlah premi yang dibayar pun bervariasi, tergantung pada ketentuan yang ditetapkan oleh asuransi dan disepakati oleh konsumen.

Nantinya, dengan membayar premi asuransi kesehatan setiap bulan, akan memudahkan kamu untuk memproses biaya rumah sakit. Sebab, premi asuransi kesehatan akan menutup seluruh biaya tersebut, termasuk untuk biaya rawat inap, dokter, hingga obat-obatan.

Sementara itu, besaran premi asuransi yang harus kamu bayarkan juga tergantung pada beberapa faktor, mulai dari faktor internal dan eksternal. Salah satu contoh faktor internal adalah usia.

Semakin muda usia kamu, maka semakin murah juga premi yang harus dibayarkan. Sebaliknya, semakin beranjak usia, maka premi yang harus dibayarkan juga semakin mahal.

Saat ini, ada banyak platform juga yang bisa kamu manfaatkan untuk membayar premi asuransi, salah satunya adalah Bukalapak. Di Bukalapak, kamu bisa membayar premi asuransi kesehatan secara online dari berbagai perusahaan.

Kamu cukup buka aplikasi Bukalapak, kemudian pilih menu “Bayar Premi” dan pilih penyedia asuransi yang ingin dibayar. Tak hanya asuransi kesehatan, di Bukalapak kamu juga bisa memilih berbagai pembayaran hingga investasi yang dilakukan secara online, termasuk investasi emas batangan.

Bagaimana, tertarik untuk mulai membeli asuransi kesehatan untukmu dan keluarga?