5 Manfaat Software Gaji Online untuk Perusahaan

Mengelola gaji dengan software gaji online akan lebih efisien dibandingkan dengan sistem in-house yang konservatif. Agar perusahaan anda mampu bersaing dan terus berkembang mengikuti zaman, hal operasional seperti mengelola slip gaji juga patut beralih ke sistem digital online. Ada banyak software HR Indonesia untuk mengatur slip gaji online yang bisa andalkan.

Jika anda masih ragu kenapa harus beralih menggunakan software gaji untuk mengelola slip gaji, Berikut beberapa manfaat software gaji online untuk membantu operasional perusahaan anda.

1. Lebih Efisien dan Menghemat Waktu

Dengan menggunakan software gaji, manfaat pertama yang paling terasa adalah peningkatan efisiensi dan lebih menghemat waktu. Sistem ini akan lebih muda bagi anda yang masih memiliki sedikit staf dalam divisi HRD. Menghitung dan memasukan data slip gaji secara manual akan membutuhkan banyak orang dan waktu. Software ini dirancang dengan berbagai sistem otomatis yang mempermudah sistem input. Hanya dengan beberapa pengaturan pada awal penggunaan, kedepannya sistem pengerjaan slip gaji akan berjalan secara otomatis dan lebih praktis.

Dengan software ini, input data bisa dilakukan oleh beberapa staf saja dengan waktu pengerjaan yang relatif cepat.

2. Potensi Kesalahan yang Berkurang

Dengan mengandalkan software gaji, resiko kesalahan atau human error juga akan semakin minim. Software gaji berbasis online biasanya dilengkapi dengan sistem input otomatis untuk berbagai file yang anda butuhkan dalam membuat slip gaji. Mulai dari catatan absensi, waktu kerja karyawan (jika ada yang lembur dan sebagainya), dan berbagai data pendukung lainnya.

Dengan fitur tersebut, slip gaji bisa dibuat dengan beberapa klik saja dengan potensi kesalahan yang sangat minim.

3. Dapat Diakses oleh Karyawan dan Manager

Mengurus slip gaji secara manual seringkali membuang waktu dan limbah kertas. Dengan menggunakan software gaji, karyawan maupun pihak-pihak lain dalam perusahaan yang berkepentingan dapat melihat riwayat slip gaji melalui gadget lainnya, seperti smartphone hingga tablet pribadi. Karyawan jadi bisa mengurus slip gajinya sendiri jika sedang membutuhkan print slip gaji untuk kebutuhan tertentu.

4. Slip Gaji Selesai Tepat Waktu

Deadline pembagian gaji karyawan merupakan salah satu hal krusial dalam perusahaan setiap bulannya. Pada akhir bulan, HRD biasanya akan disibukan dengan pengerjaan slip gaji dan wajib selesai tepat waktu. Ketelatan dalam memberikan gaji akan mengurangi performa dan penilaian karyawan terhadap perusahaannya.

Software gaji online akan membantu staf HRD untuk lebih cepat dalam mengerjakan slip gaji. Staf tidak akan lagi dihantui oleh kesibukan akhir bulan, membuat slip gaji akan menjadi pekerjaan yang ringan seperti pengerjaan file-file umum lainnya.

5. Membuat HRD Lebih Produktif

Slip gaji merupakan salah satu pekerjaan yang paling memakan banyak waktu bagi staf HRD. Perusahaan besar bisa jadi memiliki ratusan hingga ribuan karyawan dengan staf HRD yang mungkin tak lebih dari 10 orang. Sama halnya perusahaan kecil yang memiliki 2 hingga 3 staf HRD dengan jumlah karyawan 50 hingga 100 orang. Mengerjakan slip gaji karyawan bisa memakan waktu yang banyak jika dilakukan secara manual. Dengan pengerjaan slip gaji yang cepat menggunakan software online, waktu kerja lainnya bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal yang lebih produktif.

Kelola Gaji Karyawan Secara Otomatis dengan Talenta by Mekari

Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:

1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

Itulah beberapa manfaat software gaji online bagi perusahaan anda. Jadi jika segera untuk mempertimbangkan beralih menggunakan Software agar dapat mengotomatisasikan pengelolaan Slip gaji.