PERLUAS AKSES PASAR ANDA DENGAN BERGABUNG DI PADI UMKM

Setiap pelaku usaha dimanapun di dunia ini haruslah membutuhkan networking yang bagus. Hal ini dibutuhkan untuk mempermudah si pelaku usaha dalam berbagai hal. Semisal mendapatkan sumber daya yang berkualitas dengan harga yang lebih murah, jalur distribusi yang memudahkan mereka hingga akses pasar yang lebih luas.

Oleh karenanya di Indonesia, kita mengenal ada sebuah komunitas yang diciptakan oleh pemerintah Indonesia khusus untuk para pelaku usaha di kelas kecil dan menengah. Komunitas ini biasa dikenal dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau yang biasa dikenal dengan UMKM.

UMKM pada saat ini menjadi salah satu jawaban bagi banyak pelaku usaha dalam mendapatkan banyak manfaat yang ada, seperti:

1. Menambah atau Membangun Networking

Banyak orang mengatakan bahwa jaringan atau networking merupakan hal paling dasar dan paling penting bagi makhluk hidup. Karena dengan adanya networking, mereka bisa dikatakan sebaga makhluk sosial yang membutuhkan hidup bersosialisasi.

Salah satu kegiatan sosialisasi yang membutuhkan networking adalah membangun usaha. Dengan adanya jaringan yang luas, maka semakin luas juga peluang Anda untuk mengembangkan usaha yang Anda miliki.

2. Menambah Ilmu

Dalam komunitas UMKM, biasanya para pelaku UMKM akan berbagi ilmu yang mereka miliki ataupun beragam informasi yang mereka miliki. Informasi tersebut bisa berasal dari pengalaman pribadi atau beragam kisah yang mereka dengar.

Hal ini tentu saja akan memberikan insight kepada Anda untuk mendapatkan momentum bagi perusahaan Anda, entah tren ataupun riset-riset terbaru.

3. Memperkenalkan Produk atau Jasa

Anda juga bisa memanfaatkan komunitas UMKM untuk membantu Anda dalam memperkenalkan produk dan jasa yang Anda miliki. Hal ini tentu saja dibantu dengan penjelasan Anda di awal mengenai produk dan jasa Anda. Hal yang paling penting dari menjelaskan produk dan jasa tentu saja adalah keunikan atau kelebihan yang tidak dimiliki oleh para pesaing Anda.

4. Kerjasama Bisnis

Kerjasama di antara UMKM kerap kali dilakukan demi meningkatkan penjualan mereka. Semisal ada penjual catering, maka mereka akan bekerja sama dengan penjual snack ataupun pudding yang memang dapat digunakan sebagai opsi penjualan cateringnya.

Pemerintah sendiri pun pada saat ini telah memperkenalkan Pasar Digital UMKM atau PaDi UMKM, dimana para pelaku UMKM dapat bergabung menjadi penjual di situs jual beli online tersebut. Dengan bergabung menjadi penjual di PaDi UMKM, maka UMKM akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  1. Kesempatan transaksi dari masyarakat luas secara online
  2. Kesempatan transaksi dari BUMN
  3. Fitur negosiasi yang tersedia untuk transaksi BUMN
  4. Apabila membutuhkan biaya modal untuk proses produksi transaksi BUMN, UMKM bisa mengajukan melalui fitur ajukan pinjaman

Dengan beragam keuntungan sebagai berikut, maka akan terasa disayangkan jika UMKM melewatkan banyak kesempatan untuk bergabung dengan PaDi UMKM.

Akses pasar yang jauh lebih luas tentu menjadi jawaban bagi mereka untuk meraup keuntungan yang jauh lebih besar. Dengan begitu, mereka bisa membangun bisnis mereka jauh lebih besar daripada sebelumnya.

Ayo bergabung dengan PaDi UMKM dan dapatkan keuntungannya!