Simak Tips Dampingi Anak Belajar Dirumah Agar Efektif

Belajar di sekolah tentu saja membuat anak bisa mendapatkan materi pelajaran dan juga mendukung kehidupan sosialnya. Namun hal ini juga harus dibarengi dengan yang namanya belajar di rumah dengan pendampingan dari orang tua. Ada beberapa tips mendampingi anak belajar di rumah yang wajib diketahui, agar kegiatan tersebut bisa dilakukan secara efektif.

Tips Mendampingi Anak Belajar

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan saat mendampingi anak belajar di rumah.

1. Sediakan Tempat Belajar yang nyaman

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyediakan tempat belajar yang nyaman terlebih dahulu. Jika kamu memiliki rumah yang luasnya tidak terlalu besar, maka bisa pilih kamar sebagai ruangan belajar yang nyaman.

Apalagi ketika di kamar anak tidak perlu terganggu oleh suara televisi ataupun orang lain. Pilih juga ruangan dengan pencahayaan yang cukup serta sirkulasi udara yang baik.

2. Sesuaikan Gaya Belajar Anak

Kedua yang perlu diperhatikan ketika mendampingi anak belajar adalah dengan memahami gaya belajar seorang anak yang ternyata berbeda-beda dari setiap anak. Setidaknya ada tiga gaya belajar yang perlu dipelajari orang tua yaitu visual di mana, anak cenderung lebih mudah mencerna informasi dengan cara melihat.

Ada juga yang namanya auditori di mana gaya ini membuat anak cenderung lebih suka belajar sambil mendengar dan yang ketiga kinestetik. Kinestetik adalah sebuah gaya belajar di mana anak cenderung lebih beku peka saat menerima informasi lewat aktivitas baru.

3. Buatkan Jadwal Anak

Tips mendampingi anak belajar di rumah berikutnya adalah dengan membuat jadwal. Ayah atau ibu bisa membuat jadwal untuk anak, mulai dari bangun pagi sampai kegiatan di siang hari hingga tidur malam.

Membuat jadwal seperti ini membantu anak untuk hidup lebih disiplin dan jangan lupa tetap selipkan waktu istirahat yang cukup.

4. Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Meskipun saat ini anak sudah masuk sekolah 100% dengan sistem tatap muka namun tetap beri kesempatan anak untuk memiliki waktu bersama dengan orang tuanya. Memaksimalkan waktu bersama bisa dengan cara sederhana misalnya menemani anak belajar, makan bersama di ruang tamu atau setelah belajar bisa bersama-sama menonton film favorit keluarga.

Dampingi Anak Belajar dengan Pijar Belajar

Mendampingi anak belajar bisa dengan platform belajar online yang saat ini cukup banyak bermunculan salah satunya adalah Pijar Belajar.

1. Apa Itu Pijar Belajar

Pijar Belajar merupakan sebuah platform edukasi dari PT Telkom Indonesia. Adapun visi misi dari platform ini, untuk membantu mencerdaskan anak bangsa dan melakukan pemerataan pendidikan di Indonesia.

2. Keunggulan Pijar Belajar

Ada beberapa keunggulan Pijar Belajar sebagai platform belajar online untuk anak.

  • Materi lengkap SD-SMP-SMA, materi yang diberikan cukup lengkap mulai dari jenjang SD sampai SMA dan terdapat latihan soal serta video pembahasan.
  • Harga terjangkau banget, harganya tentu sangat murah untuk pilihan paket belajar dan fitur-fitur lainnya yang ada di platform ini.
  • Start 10rb, untuk menikmati paket belajar dari pijar belajar dan juga fitur tambahan lainnya, biaya yang kamu keluarkan mulai dari 10 ribuan saja.
  • Bisa diakses laptop dan smartphone, platform edukasi ini sangat fleksibel karena tidak hanya bisa diakses dengan laptop saja tapi lewat smartphone juga bisa dari mana saja dan kapan saja.

Itu tadi beberapa tips mendampingi anak belajar di rumah yang bisa diterapkan oleh orang tua. Untuk kamu yang tertarik dengan platform edukasi ini, maka bisa download pijar belajar untuk informasi lebih lanjut.